Mengenal Cat Duco

CAT DUCO

 Dalam dunia body repair proses pengecatan sangat mutlak diperlukan bila terjadi lecet,penyok atau insiden yang merusak body mobil. dalam pengecatan mobil untuk body repair atau pengecatan ulang mobil ada dua jenis yaitu jenis cat NC dan PU.

Cat NC ( NITROCELLULOSE )
Merupakan bahan cat yang murah dan mempunyai beberapa kelemahan mendasar; antara lain kurang mengkilat (glossy) dan cepat pudar. Namun jenis ini memiliki keunggulan yang cukup memikat yaitu sifatnya yang 'instant'. Tidak perlu menunggu lama, cukup beberapa menit mobil yang dicat bisa dipakai kembali.
Cat NC ini dibuat dengan bahan utama resin nitrocellulose. Resin nitrocellose adalah resin yang dibuat dari cellulose (serat tanaman) yang dimasak dan diproses (diasamkan)  dengan asam nitrat dan asam sulfat. Nitrocellulose resin ini bersifat keras dan brittle (sangat mudah retak), karena itu untuk membentuk cat nc (nitrocellulose lacquer) perlu ditambahkan beberapa bahan lain seperti : plasticizer, hard resin dan beberapa bahan aditif lainnya. Campuran resin dan aditif ini kemudian dilarutkan dalam suatu thinner supaya dapat diaplikasikan dan menghasilkan lapisan finishing yang halus. 
Cat nitrocellulose, nc atau lacquer merupakan salah satu cat yang sangat popular pada industri furniture finishing. Cat jenis ini dengan cepat dipakai untuk menggantikan proses finishing dengan bahan finishing tradisional seperti shellac, oil atau varnish. Cat NC dengan aplikasi spray bisa menghasilkan semua warna yang dibuat dengan shellac dengan waktu yang jauh lebih cepat dan kontrol yang lebih baik.

Cat PU ( POLYURETHANE )

 Merupakan bahan cat yang mahal. Cat PU biasanya disebut dengan cat oven karena proses pengeringannya memakai oven. Tanpa teknik oven proses pengeringan memakan waktu lebih lama. Tetapi dengan menggunakan teknik oven, proses pengeringan hanya butuh 60 menit saja. Beberapa kelebihan cat PU dibandingkan cat NC antara lain memiliki daya kilat yang tinggi, daya tutup bagus dan keras, lebih tahan terhadap goresan, dan tahan lama. Bagi pemilik kendaraan yang mengutamakan kualitas, sudah pasti cat jenis inilah yang dipilih meskipun ia harus membayar mahal. Biasanya mobil baru dari pabrik menggunakan bahan dasar PU dan dapat bertahan hingga tahunan.

Polyurethane atau yang biasa disebut PU merupakan bahan cat premium yang berkualitas tinggi. Sesuai namanya maka yang dimaksud dengan polyurethane adalah bahan yang dihasilkan dari polimerisasi dari urethane. Urethane dihasilkan dari reaksi antara polyisocyanate dengan bahan yang mempunyai gugus hidroksil. Namun Pada umumnya yang dinamakan sebagai cat PU adalah suatu jenis cat yang terdiri dari dua komponen di mana terdapat bahan PU dan isocyanate sebagai hardener. Bahan ini merupakan suatu jenis coating yang bisa menghasilkan lapisan film yang kuat dan keras, tahan terhadap panas, bahan kimia dan goresan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Epodur 0800 Pacific Paint

Kali ini kita akan membahas epodur 0800 dari pasific paint. Epodur 0800 merupakan  Cat untuk kebutuhan industri dimana terdiri da...